Spot Wisata Paling Seru dan Menantang di Gunungkidul

Bagi anda yang menyukai wisata alam dan berpetualang, berikut wisata jelajah alam yang seru dan menegangkan  yang berlokasi di Gunungkidul. Wisata ini aman karena anda akan dipandu oleh pemandu yang sudah berpengalaman dan mengerti medan

 

GOA PINDUL

Mulai dari tahun 2010 lalu Obyek Wisata Gua Pindul ini dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan hingga sekarang masih menjadi referensi tempat wisata untuk para wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Untuk anda yang ingin tahu harga tiket masuk untuk memesannya, berikut ini akan dijelaskan.

cave-goa-pindul

Harga tiket untuk masuk wisata Goa Pindul adalah Rp.40.000 per orang, harga tiket publish ini adalah harga tiket yang sudah ditetapkan bersama di semua operator. Anda dapat memesan atau membooking tiket beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya untuk mempersiapkan liburan anda dan tidak kehabisan saat hari libur sudah tiba. Karena Gua Pindul akan sangat ramai terutama pada saat musim liburan, tempat ini sering sekali kebanjiran pengunjung.

Dari pembelian tiket tersebut nantinya wisatawan akan mendapatkan fasilitas peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing untuk menikmati pemandangan di Gua Pindul sekaligus alat pengaman agar perjalanan nyaman dan aman. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot (tergantung tiap operator tempat anda memesan tiket) di operator pembelian tiket lain bisa jadi beda fasilitas. Alat transportasi obyek wisata, dan pemandu lokal juga asuransi. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil untuk ke lokasi ini. Driver sudah hafal jalur kesini

caving-gua-pindul

GOA JOMBLANG

Gua Jomblang adalah salah satu gua dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal karena keunikan dan keindahannya yang tidak terbantahkan. Pada tahun 2011, Gua Jomblang dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika. Terletak di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Karena itu gua yang mempunyai luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.Goa Jomblang

Untuk dapat masuk Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karena itu, siapapun yang hendak caving di Jomblang wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standart kemanan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman. Bersama rekan-rekan caver dari Jomblang Resort, anda pun akan tertantang mencoba untuk caving di gua yang eksotik ini. Setelah memakai coverall, sepatu boot, helm, dan headlamp, seorang pemandu pun memasangkan SRT set di tubuh anda sambil menjelaskan nama dan fungsinya masing-masing. SRT set tersebut terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek.

 

Pemandangan yang ada di depan mata mengundang decak kagum. Jika di atas sejauh mata memandang hanya akan menemui perbukitan karst dan jati yang meranggas, maka di perut Gua Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di atas ini sering dikenal dengan nama hutan purba. Sejak proses runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini.

Anda dapat kesana dengan memanfaatkan jasa sewa mobil jogja jika sedang berada di sekitar Jogja.

PANTAI TIMANG

Pantai Timang ini sangat unik. Karena Anda bisa naik kereta gantung sekaligus menyebrangi jembatan menggunakan tali. Tepat dibawah jembatan, ada ombak yang mengamuk, sehingga hal ini membuatnya makin menantang. Untuk bentuk kereta gantungnya sendiri berupa gantole tradisional dari bambu dan kayu. Itupun ditarik secara manual. Masih berani datang kesini?

  • Lokasi & Rute Menuju Ke Pantai Timang

Lokasinya ada dari 50 km pusat kota Yogyakarta. Sehingga, dibutuhkan waktu selama 2 jam untuk sampai di dusun Danggolo, di desa Purwodadi, kec. Tepus, di kab. Gunung Kidul. Untuk rutenya sendiri, bisa dimulai dari arah Wonosari pusat kota. Lalu, ambil ke arah pantai Baron hingga melewati pertigaan Mulo, belok kiri ke Pantai Siung. Saat melihat pasar Dakbong, Anda akan melihat papan petunjuk jalan menuju ke Pantai Timang.

  • Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuknya sangat murah. Karena hanya 5 ribu rupiah saja. itupun sudah ermasuk parkir motor. Hanya saja, bila Anda ingin mencoba naik gondolanya untuk menyebrang jembatan gantung, Anda harus membayar 150 ribu rupiah untuk PP. Sedangkan, bila ingin naik jembatan gantungnya, Anda harus menyiapkan uang sebesar 100 ribu rupiah.

  • Hal yang Menarik di Pantai Timang

Selain memiliki kereta gantung atau gondala yang bisa dinaiki, disinilah nantinya Anda juga dapt menyebrang ke pulau Karang atau menuju ke Bukit Karang menggunakan jembatan gantung. Sehingga, karena wahana inilah membuatnya semakin terasa seru dan mampu meningkatkan daya tarik para wisatawan yang hadir di tempat ini. Di bukit karang inilah Anda bisa mendapatkan banyak spot menarik untuk slefie.

Jika Anda takut naik gondala dan jembatan gantung, maka Anda bisa menikmati keindahan yang lainnya dari pasir putihnya yang begitu indah. Sehingga, hal ini membuat Anda bisa menghilangkan rasa penat yang selama ini melanda Anda. Belum lagi berbicara tentang kuliner, disini juga ada udang lobster yang masih segar dari hasil tangkapan para nelayan. Anda bisa menikmatinya saat itu juga dengan harga 350 ribu rupiah per kg. Namun tentunya, meskipun harganya mahal, rasanya sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Updated: June 1, 2019 — 4:25 pm
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja