Pantai di Gunung Kidul Paling Unik

Bagi anda yang sedang ingin melihat pantai paling bagus di Gunungkidul, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa anda kunjungi

PANTAI INDRAYANTI DENGAN PASIR PUTIHNYA

Pantai Indrayanti merupakan salah satu obyek wisata pantai yang eksotis di kawasan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Selain pesona alamya di pantai ini kita juga bias menghabiskan liburan dengan wisata eksotisme lautnya. Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih yang seolah memanggil-manggil wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya, Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan. Beragam menu mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa di pesan di restoran yang menghadap ke pantai ini. Pada malam hari, gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai akan terlihat cantik karena diterangi kerlip sinar lampu. Menikmati makan malam di cafe ini ditemani desau angin dan alunan debur ombak akan menjadi pengalaman romantis yang tak terlupa.

Penyebutan nama Pantai Indrayanti pada awalnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Pantai Indrayanti keindahannya banyak dipromosikan melalui media jejaring sosial dengan bnyaknya jumlah pengunggah foto-foto rekreasi di pantai ini. Banyak wisatawan baik dari kalangan muda hingga keluarga menghabiskan masa liburannya di pantai Indrayanti.

 

PANTAI NGOBARAN dan BANGUNAN UNIKNYA

Pantai Ngobaran berlokasi disebelah pantai Ngrenehan yang merupakan pantai pusat pelelangan ikan, letaknya kurang lebih dua kilometer dari Ngrenehan. Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Ketika air surut, kita bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Tapi yang tak terdapat di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Sebuah bentuk dari pluralisme yang bias menjadi salah satu potensi wisata yang menarik dan unik.

Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan (bukan Kejawen lho). Nama “Kejawan” menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.Pantai-Ngobaran-Wonosari

Berjalan ke arah kiri dari tempat peribadatan tersebut, Anda akan menemui sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat peribadatan pengikut Kejawen. Joglo ini merupakan tempat bagi para pengikut Kejawen untuk melakukan sembahyangan. Menurut penduduk setempat, kepercayaan Kejawen berbeda dengan Kejawan. Namun mereka sendiri tak begitu mampu menjelaskan perbedaannya.

PANTAI POK TUNGGAL YANG EXOTIS

Pantai Pok Tunggal sebuah pantai yang menawan yang belum terlalu banyak diketahui, pantai indah ini bagaikan surge yang bersembunyi.Terletak di wilayah kabupaten Gunung Kidul pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan .Mungkin tak lama lagi ada pemanjat yang menaklukkan tebing ini dan membuka jalurnya. pok-tunggal-beach

Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat primata liar. terlihat beberapa monyet liar melompat dari balik tebing di sebelah timur. Anehnya di pantai ini juga terdapat mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Sumber air itulah yang memenuhi kebutuhan warung-warung makan dan kamar mandi umum hasil swadaya masyarakat setempat.

Menikmati keindahan dan eksotisme Pantai Pok Tunggal takkan lengkap jika kita tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Tadi sore kami bahkan bertemu dengan rombongan buleyang menggendong ransel besar, sepertinya mereka akan berkemah di pantai ini. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.

 

Nah demikian info 3 pantai paling unik di Gunungkidul, semoga bisa membantu anda yang ingin wisata pantai di Gunungkidul

Updated: June 1, 2019 — 5:51 pm
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja