Menikmati Keindahan Pantai Wohkudu di Antara Dua Tebing

Dari sekian banyak pantai di laut selatan Jogja, pantai Wohkudu adalah salah satu pantai yang masih belum banyak diketahui oleh para wisawatan. Letaknya yang masih tersembunyi mampu memberikan kesan tersendiri untuk semua orang yang berdatangan. Hening dan Tenang. Dua kata untuk pantai Wohkudu ketika pertama kali berkunjung ke pantai ini.

Letaknya sendiri ada di antara himpitan 2 bukit karang, sehingga hal ini membuat pantai ini tidak mempunyai hamparan pasir yang cukup luas. Bahkan, hamparan pasirnya jauh lebih sempit dibandingkan pantai-pantai pada umumnya. Namun meskipun begitu, ini bukan masalah. Justru dengan keunikannya inilah menjadikan pantai ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menjauhkan diri dari kepenatan hiruk pikuk di perkotaan.

 

Lokasi Pantai Wohkudu

Lokasi pantai Wohkudu ini berada di Dusun Wiloso, di Desa Girikarto, di Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul. Agar dapat sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 jam dari pusat kota Jogja.

Spot Menarik di Pantai Wohkudu

Meskipun pantai ini masih jarang berpenghuni, namun ternyata ada juga spot menarik yang ditawarkan yang menjadi alasan kenapa masih saja ada yang berkunjung ke tempat ini. Yaitu:

  • Pemandangan yang Indah

Salah satu hal yang membuat pantai ini sangat menarik adalah, karena untuk bisa sampai ke lokasinya, Anda harus menempuh perjalanan dengan cara trakking untuk menuruni bukit. Namun, semua itu akan terbayarkan ketika Anda melihat spot pemandangan yang indah selama menempuh perjalanan ke pantai Wohkudu ini di sepanjang rute.

  • Banyak Aneka Flora yang Indah

Di tempat inilah Anda juga bisa melihat sebuah spot indah, berupa aneka flora yang bermacam-macam dan indah tumbuh di daerah perbukitan. Bahkan, jika Anda sedang beruntung, kedatangan Anda ke pantai ini akan disambut oleh kawanan kera liar yang akan memperlihatkan aksi tingkah lucunya. Sehingga, Anda bisa menjadikan spot ini sebagai spot menarik untuk mengabadikan moment ketika berkunjung ke pantai Wohkudu ini.

  • Ada Banyak Binatang yang masih Liar

Selain masih ada beberapa koloni dari kera liar, kadang-kadang Anda juga bisa menemukan burung yang berwarna-warni dan siap hinggap ke salah satu dahan pepohonan. Selain itu, Anda juga bisa melihat beberpa anjing yang melewati sekitar rute ke pantai. Terkadang, Anda juga akan menemukan beberapa hewatn ternak milik para warga setempat. Sehingga, ini menjadikannya sebagai spot unik di kawasan pantai Wohkudu ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Wohkudu

Ada beberapa kegiatan menarik yang siap menemani hari-hari Anda ketika berkunjung ke pantai Wohkudu, yaitu:

  • Memancing

Salah satu kegiatan paling menyenangkan ketika sampai di pantai ini adalah melakukan kegiatan memancing. Karena itulah, tak heran bila di beberapa gubuk kecil yang ada di sekitar pantai selalu ada laat pancing yang tertinggal untuk memancing. Tak hanya itu saja, disini juga terkadang ada jaring juga untuk menangkap ikan.

Bila Anda suka memancing, tak ada salahnya bila Anda tidak lupa untuk membawa alat pancing saat berkunjung ke pantai ini. Hasil pancingan Anda bisa dijadikan sebagai laut pauk saat makan malam ketika Anda berniat camping di pantai Wohkudu ini.  Sehingga, kegiatan camping akan terasa makin menyenangkan.

  • Camping

Pantai ini sangat nyaman, tenang, dan sepi. Selain itu, hamparan tanahnya juga sangat luas. Maka dari itulah, salah satu kegiatan paling menarik ketika singgah ke pantai Wohkudu adalah melakukan kegiatan camping. Anda bisa menjadikan akhir pekan Anda terasa lebih menyenangkan dengan cara camping di tempat ini.

Dengan camping di pantai Wohkudu ini, Anda akan merasa lebih bebas dari gangguan para wisatawan lainnya yang sibuk untuk selfie. Suasananya benar-benar sangat tenang, lengkap dengan lokasinya yang masih tersembunyi. Sehingga, hal ini membuat pantai ini masih jarang pengunjung dan membuat Anda seperti sedang memiliki pantai pribadi.

Disini pula Anda juga melepas penat Anda dengan bernyanyi dengan teman-teman Anda sambil menyalakan api unggun. Sehingga, suasananya semakin terasa lebih hangat. Apalagi jika Anda melakukannya sambil membakar ikan dari hasil pancingan Anda sebelumnya.

  • Berfoto

Tak ketinggalan pula bahwa salah satu kegiatan paling menarik di pantai Wohkudu adalah berfoto. Anda bisa mengabadikan moment terbaik Anda di pantai Wohkudu dengan cara berfoto.

  • Menyendiri

Jika sebelumnya Anda memang tidak ingin diganggu, maka pantai Wohkudu juga bisa menjadi salah satunya tempat terbaik untuk melakukan kegiatan menyendiri. Apalagi pantai ini masih sepi dan belum dijamah banyak orang. Letaknya yang masih tersembunyi sehinggi membuat Anda harus lebih berjuang agar dapat menikmati keindahan pantai ini.

Maka dari itulah, siapapun yang datang di pantai ini pasti akan merasa seperti sedang menyatu dengan alam. Suasananya begitu damai dan hening. Sehingga, hal ini membuat Anda bisa serasa seperti jauh dari keramaian kota yang penuh sesak. Maka dari itulah, jika Anda mencari sesuatu yang menenangkan, silahakn datang saja ke pantai Wohkudu ini.

Fasilitas

Fasilitas di pantai Wohkudu ini cukup lengkap. Yaitu, sebagai berikut ini:

  • Parkir kendaraan yang cukup luas dengan biaya parkir yang bervariasi. Dari Rp 3.000, – sampai dengan Rp 15.000, -. Tergantung kebutuhan individunya. Untuk Anda yang hanya singgah tidak sampai menginap akan dikenakan biaya parkir yang lebih murah. Sekitar Rp 3.000, – sampai dengan Rp 10.000, – saja.
  • Tempat berkemah.
  • Air dan tempat wudhu secara gratis.
  • Warung makan.
  • Kayu bakar.

 

Tiket Masuk

Karena pantai Wohkudu ini masih belum dikelola untuk kegiatan wisata, sehingga tiket masuknya belum ada. Anda hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan saja.

 

Cara Menuju ke Lokasi
  1. Untuk bisa sampai ke tempat ini, dari arah terminal Giwangan Anda bisa jalan saja terus ke selatan lewat jalan imogiri timur, kemudian ke imogiri, ke selopamioro, dan ke panggang. Saat Anda sampai ke jalan Selopamioro sampai ke Panggang, Anda akan melihat jalanan berbentuk tanjakan, namun lengkap dengan pemandangan yang indah.
  2. Ketika sampai di Panggang, silahkan ikut saja jalannya sampai Anda melihat ada pertigaan yang ada pohon beringin besarnya. Amati saja pohon itu. karena disitulah Anda akan menemukan papan petunjuk jalan menuju ke pantai Gesing.
  3. Kemudian, ikuti lagi jalannya hingga melihat ada perempatan jalan yang ada pohon lagi di tengah-tengahnya. Lalu, belok kanan dan Anda akan melihat ada gang lengkap dengan papan petunjuk arahnya ke pantai Kesirat.
  4. Kemudian, ikuti saja jalannya hingga Anda akan melihat tanda menuju ke lokasi pantai Wohkudu yang ada parkir dan warung sederhana di sampingnya. Ini adalah batas terakhir untuk kendaraan Anda. Selanjutnya, Anda harus berjalan kaki menuruni bukti agar sampai ke pantai Wohkudu ini.
Updated: June 2, 2019 — 11:57 pm
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja