Menelusuri Keindahan Pantai Kesirat Gunung Kidul Jogja

Jika pantai itu umumnya selalu identik dengan nuansanya yang didapatkan dari hamparan pasir putih yang indah, ini berbeda sekali dengan pantai Kesirat. Disinilah Anda tidak akan menemukan pasir putih itu, namun di pantai ini Anda hanya akan menemukan pemandangan tebing yang curam dan berbatasan dengan laut secara langsung.

Namun meskipun begitu, justru karena itulah bisa menjadi daya tarik tersendiri dari pantai yang satu ini. Apalagi di bagian tepi tebingnya ada pohon abadi yang berdiri kokoh. Sehingga, ini menjadi keunikan tersendiri di pantai Kesirat ini.

 

Lokasi Pantai Kesirat

Pantai ini terletak di dusun Wiloso, di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul. Letaknya berada di perbatasan dengan pantai Wohkudu secara langsung. Untuk sampai ke pantai Kesirat, dari pusat kota Jogja, Anda bisa menempuh perjalanan selama 2 jam. Untuk rute yang diambil bila melalui pusat kota Jogja ke Imogiri. lalu ke Panggang.

Sepanjang jalan ke pantai ini, Anda akan ditemani oleh pemandangan alam yang indah berupa lembah, perbukitan, dan hutan. Jadi, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pastikan bahwa kendaraan Anda sedang dalam kondisi yang prima. Karena selama perjalanannya nanti Anda akan dihadapkan dengan tanjakan yang terjal dan berkelok.

Saat Anda sampai ke Panggang, Anda bisa mencari petunjuk arah supaya bisa sampai ke pantai Gesing. Dari sinilah Anda akan menemukan petunjuk arah kembali agar sampai ke pantai Kesirat. Anda bisa bertanya pada penduduk setempat jika Anda masih bingung untuk menemukan lokasinya.

Spot Menarik di Pantai Kesirat

Di tempat ini ada banyak spot menarik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Ada Pohon Abadi

Salah satu spot paling menarik ketika singgah ke pantai Kesirat adalah adanya pohon abadi. Karena pohon abadi inilah menjadikannya sebagai icon dari pantai Kesirat yang tak pernah habis ceritanya tentang senja. Pesonanya benar-benar luar biasa hingga membuat satu pohon tersebut disebut oleh penduduk setempat sebagai pohon abadi.

Pohon tunggal yang hidup di bibir tebing ini benar-benar terlihat sangat mencolok. Sehingga, pasti berhasil mencuri perhatian semua orang. Ketika musim hujan tiba, pohon ini akan dipenuhi oleh daun hijau yang sangat rimbun. Namun, ketika musim kemarau datang, dedaunan tersebut akan mulai berguguran satu per satu hingga menyisakan ranting dan batang pohonnya saja.

Kehadian dari pohon yang satu ini sangat menarik sekali. Sehingga, pohon ini bisa membuat pemandangan di pantai Kesirat semakin cantik di waktu senja. Tak heran jika kemudian banyak wisatawan yang berdatangan dan selalu berpose tepat di bawah pohon ini.

  1. Ada Tebing Karang yang Menakjubkan

Di antara pantai yang ada di area gunung kidul lainnya, pantai Kesirat adalah salah satu pantai yang sangat indah. Pantai ini sangat populer karena letaknya yang dipenuhi oleh tebing karang. Sehingga, Anda tidak akan melihat hamparan pasir putih disini. Tebing di pantai ini berbatasan secara langsung dengan laut lepas. Setiap pengunjung yang berdatangan bisa menikmati spot terbaik di pantai ini di atas tebing yang penuh oleh rerumputan hijau.

  1. Ada Tempat yang Sakral

Selain memiliki banyak spot yang menarik, ternyata disini juga merupakan surga wisata yang tersembunyi dan sangat terkenal di kalangan para pemancing. Disinilah merupakan salah satu pantai yang dianggap sakral oleh penduduk setempat. Dalam sekali setahun, disini selalu dihadirkan tradisi ngalap berkah atau tradisi brubuh-brubuh. Tradisi ini berguna untuk mengucapkan puji syukur atas kearifan lokal masyarakat Jawa kepada lingkungan sekitar agar tidak menebang pohon secara sembarangan.

 

 

Kegiatan Menarik di Pantai Kesirat

Beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di pantai Kesirat adalah:

  • Memancing

Karena memiliki garis pantai berbentuk tebing yang berbatasan dengan laut lepas secara langsung, hal ini menjadikan pantai Kesirat ini dijadikan sebagai spot terbaik untuk rock fishing. Bahkan, berdasarkan para pemancing setempat, di area Kesirat raya ini memiliki banyak aneka ragam jenis ikan yang hidup dan berkeliaran didalamnya.

Maka dari itulah, demi memuaskan keingan para pemancing yang ada disana, dibangunlah sebuah pondok yang sederhana. Di pondok inilah Anda bisa bercengkarama sambil menanti kail ikan tersambar oleh ikan. Jadi, salah satu kegiatan paling menarik ketika datang ke pantai Kesirat adalah melakukan kegiatan memancing.

  • Camping

Meskipun pantai ini tidak mempunyai hamparan pasir, namun hanya berupa pantai tebing saja, namun hal ini tidak membuat kegiatan menariknya menjadi berkurang. Disinilah Anda bisa melakukan kegiatan camping dengan leluasa. Karena pantai ini mempunyai hamparan rumput yang luas, sehingga kawasan ini cocok sekali untuk tempat camping.

Anda bisa menghabiskanw aktu Anda sambil menikmati keindahan pantai yang benar-benar eksotis dari kegiatan camping. Bahkan, di malam hari pun disini juga sangat indah dan eksotis. Deburan ombak yang telah menghantam tebing karang bisa menjadi lullaby yang siap menemani jam tidurmu agar lebih nyaman.

  • Sunset Seeing

Waktu terbaik untuk singgah ke pantai ini adalah di sore hari. Itu harus dilakukan ketika cuaca sedang cerah. Sehingga, mentari juga tidak begitu bersinar dengan panas. Disaat itulah Anda bisa menikmati angin sepoy-sepoy yang lembut yang akan mempermainkan rambut Anda.

Ketika senja menua, Anda dapat melihat matahari yang secara perlahan akan surup di tengah lautan dan mulai menghilang. Saat itulah Anda bisa merasakan pemandangan alam yang benar-benar magis karena ada fore groung berupa pohon abadi yang berdiri sendiri. Sehingga, Anda bisa menjadikan pohon abadi ini sebagai objek bidikan yang terbaik saat ingin mengabadikan moment di pantai Kesirat di sore hari.

  • Star Gazing

Ketika malam tiba, semesta memang mulai menggelap. Namun, justru di saat itulah merupakan waktu terbaik untuk Anda supaya bisa menikmati taburan bintang yang telah membintangi d angkasa. Di tengah kegelapan penuh, Anda bisa melihat banyak sekali partikel cahaya di langit yang begitu indah dan berkelap-kelip.

Bahkan, sesekali juga Anda bisa melihat adanya bintang jatuh yang melintasi dengan cepat. Disaat itulah Anda bisa melakukan star gazing dan mengabadikan galaksi bima sakti dari kamera Anda. Supaya bisa menjadi salah satu kegiatan menarik di pantai Kesirat.

  • Menikmati Milky Way

Saat hari mulai gelap, langit disini akan memperlihatkan pemandangan yang mily way dan sangat menakjubkan. Saat malam itu tiba, Anda bisa mengabadikan moment tersebut dengan cara berfoto atau hanya sekedar bersantai dan berbaring dari atas rerumputan. Dijamin Anda akan semakin betah ketika singgah disana.

 

Fasilitas

Karena pantai ini masih belum populer, sehingga jangan harap bila fasilitasnya akan lengkap. Ada beberapa kebutuhan dasar, seperti toilet dan warung makan yang belum tersedia. Kalaupun ada, warung makanan disini tidak buka selama 24 jam. Jadi, sebaiknya bawalah bekal dari rumah.

 

Tiket Masuk

Sebelum menikmati keindahan pantai Kesirat ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000, – untuk motor. Sedangkan mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, -.

 

Updated: June 3, 2019 — 4:52 am
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja