Keunikan Wisata Kedung Pedut Di Kulon Progo Yogyakarta

Kedung pedut merupakan wisata alam yang saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini karena memiliki suasana yang asri dan sejuk sehingga bisa merefresh otak saat berlibur. Sejarah kedung pedut berasal dari bahasa jawa yaitu kedung artinya telaga kecil dan pedut  adalah kabut . Pada sekeliling air terjun ini, tidak hanya terdapat satu telaga, namun ada beberapa dengan kedalaman berbeda setiap kolamnya. Dinamai air terjun kedung pedut karena berdekatan dengan lokasi adanya air terjun yang terdapat beberapa kolam dibawahnya .

KEUNIKAN KEDUNG PEDUT

Pada air terjun kedung pedut terdapat beberapa keunikan yang menjadikan wisata ini banyak dikunjungi dan berdaya tarik antara lain :

  1. Warna Air

Pada wisata kedung pedut, air memiliki 2 warna yaitu putih bening dan tosca kebiruan. Putih bening berasal dari kejernihan air, sedangkan tosca kebiruan disebabkan adanya bebatuan di dasar kedung. Perpaduan yang terjadi antara keduanya menimbulkan kesan anggun dan unik saat dilihat. Perbedaan warna ini kebanyakan tidak ada pada air terjun di Jogja sehingga menjadi daya tarik untuk didatangi. Dalam wisata ini, anda juga bisa bermain air di tempat yang sudah di tentukan pengelola untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

  1. Kolam Alami

Selain dari perpaduan 2 warna, kedung pedut juga memiliki keunikan lain yaitu terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia sehingga menambah kesan menarik untuk dilihat. Kedung ini memiliki kedalamanan sekitar 1 – 2 meter sehingga kurang cocok untuk anak anak bermain air karena bisa tenggelam. Untuk pengelolaannya, sudah disiapkan tempat yang boleh digunakan berenang sedangkan air terjun hanya untuk dinikmati.

  1. Kolam Berkabut

Pada obyek wisata ini, anda juga akan menemukan kolam berkabut. Hal ini disebabkan  letak air terjun yang tersembunyi di perbukitan membuat kolam tidak mendapat sinar matahari cukup sehingga dapat tertutup kabut indah. Peristiwa ini tidak setiap hari terjadi, untuk itu bagi anda yang beruntung bisa menyaksikannya guna menambah pesona alam yang unik.

  1. Terletak Di Daerah Perbukitan

Keunikan selanjutnya yaitu berlokasi di daerah perbukitan tepatnya di dusun kembang, jatimulyo, girimulyo, kulon progo, Yogyakarta dengan jarak dari titik 0 kota jogja adalah kurang lebih 40 km. Untuk menempuh perjalanan baiknya anda berhati hati guna menjaga keamanan dan keselamatan diri sebab kondisi jalan curam dan tanjakan tajam.

  1. Berwahana Menarik

Di wisata ini, anda bisa merasakan bermain flying fox dan melayang di atas air terjun untuk menantang adrenalin. Anda juga bisa berfoto dispot menarik  berlatar tulisan “kedung pedut”. Dengan datang ke tempat ini, maka anda bisa merasakan pengalaman baru yang seru dan menyenangkan. Jika anda kelelahan berkeliling , maka bisa beristirahat sejenak pada tempat yang tersedia. Biasanya ini terbuat dari bambu sehingga kesan asri dan alami semakin bertambah.

FASILITAS

Pada wisata kedung pendut berikut beberapa fasilitas yang ada untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berkunjung :

  1. Area Parkir

Di wisata ini, area parkir yang disediakan memang belum begitu luas, yaitu hanya bisa menampung sekitar 10 mobil mini bus dan 50 kendaraan bermotor. Namun, semua itu sebanding dengan pemandangan alam yang di suguhkan.

  1. Mushola

Di kedung pedut juga disediakan fasilitas untuk beribadah atau sekedar istirahat. Untuk itu, bagi anda yang ingin solat atau lainnya tidak perlu bingung dalam mencari tempat beribadah.

  1. Kamar Mandi

Anda juga bisa menemukan fasilitas kamar mandi di dekat air terjun untuk berganti atau sekedar buang air kecil selepas bermain air.

  1. Warung Makan

Pada tempat ini, anda bisa membeli makanan atau minuman untuk mengisi tenaga setelah bermain air seperti popmie, popice, dan lainnya.

  1. Gardu Pandang

Anda juga bisa menemukan gardu pandang di sekitar air terjun. Hal ini dibuat untuk melihat keindahan air kedung dari ketinggian sehingga kesan eksotis semakin terasa.

 

TIKET MASUK DAN JAM BUKA

Untuk tiket masuk setiap orang harus membayar Rp. 10.000, parkir motor Rp. 3.000, dan mobil Rp. 10.000. Jam buka yaitu setiap hari dari pagi hingga sore hari.

LOKASI

Lokasi kedung pedut sendiri yaitu di dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini bisa ditempuh sekitar 1 jam menggunakan mobil  dengan jarak kurang lebih 35 km.

Updated: January 20, 2019 — 6:56 am
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja