Candi Borobudur , Candi Budha Terbesar di Dunia

Salah satu wisata sejarah terbesar di Indonesia, Candi Borobudur merupakan salah satu candi terbesar di dunia dan merupakan warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Kemegahan dari candi ini sudah tersohor hingga ke mancanegara. Pada musim liburan dan perayaan hari Raya Waisak candi ini selalu dipenuhi oleh wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara.

Berdasarkan prasasti Kayumwungan yang bertanggal 26 Mei 824, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga antara abad ke-8 hingga abad ke-9, bersamaan dengan Mendut dan Pawon. Proses pembangunan berlangsung selama 75 tahun di bawah kepemimpinan arsitek Gunadarma. Di era tersebut belum ada peralatan canggih untuk merancang sebuah bangunan meski begitu, Gunadarma mampu menerapkan sistem interlock dalam pembangunan candi. Sebanyak 60.000 meter kubik batu andesit yang berjumlah 2.000.000 balok batu yang diusung dari Sungai Elo dan Progo dipahat dan dirangkai menjadi puzzle raksasa yang menutupi sebuah bukit kecil hingga terbentuk Candi Borobudur.Borobudur-Nothwest-view

Borobudur tidak hanya mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, sebuah bukti dari karya agung yang peradaban manusia pada masa lalu yang juga sarat dengan nilai-nilai yang sarat filosofis. Mengusung konsep mandala yang melambangkan kosmologi alam semesta dalam ajaran Buddha, bangunan megah ini dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni dunia hasrat atau nafsu (Kamadhatu), dunia bentuk (Rupadhatu), dan dunia tanpa bentuk (Arupadhatu). Jika dilihat dari ketinggian, Candi Borobudur laksana ceplok teratai di atas bukit. Dinding-dinding candi yang berada di tingkatan Kamadatu dan Rupadatu sebagai kelopak bunga, sedangkan deretan stupa yang melingkar di tingkat Arupadatu menjadi benang sarinya. Stupa Induk melambangkan Sang Buddha, sehingga secara utuh Borobudur menggambarkan Buddha yang sedang duduk di atas kelopak bunga teratai.

Updated: March 15, 2019 — 7:56 am
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja