Air Terjun Sri Gethuk, Semua Orang Suka Keindahannya

Sedang mencari wisata alam yang menakjubkan? Datang saja ke air terjun Sri Gethuk. Karena air terjun ini memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh wisata alam pada umumnya. Dijamin liburan Anda akan terasa makin lengkap dan menyenangkan bila berkunjung ke tempat ini.

 

Lokasi

Letaknya berada di Dusun Menggoran, di Desa Bleberan, di Kec. Playen, Gunung Kidul. Jika berjalan dari pusat Jogja, Anda bisa sampai ke tempat ini dengan menempuh perjalanan dari 1,5 jam sampai dengan 2 jam. Anda bisa berjalan dari jalan Wonosari menuju ke Piyungan. Setelah itu, berjalan lagi ke Bukit Bintang, sampai ada pertigaan gading silahkan belok kanan. Kemudian, Anda akan sampai ke Playen. Artinya Anda sudah sampai di air terjun Sri Gethuk.

Spot Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Di bawah ini adalah beberapa spot yang menarik di air terjun Sri Gethuk, antara lain:

  1. Sungai Oya seperti Ular Raksasa

Ini adalah salah satu spot paling seru ketika berada di air terjun Sri Gethuk. Sungai Oya yang berbentuk meliuk-liuk telah membelah pegunungan kapur gunung kidul. Sehingga, jika dilihat secara seksama terlihat seperti seekor ular raksasa yang membelit mangsa. Arus sungai inipun terbilang tenang.

Airnya begitu jernih. Sehingga, hal ini membuat aliran dasar sungai menjadi semakin jelas. Hanya saja, ketika musim hujan tiba, aliran sungainya menjadi makin deras dan warnanya menjadi coklat susu kental manis. Dengan melintasi sungai Oya dengan rakit, Anda bisa sampai ke air terjun Sri Gethuk.

  1. Aliran Air Terjun Bercabang

Meskipun berada di kawasan perbukitan kabur yang identik dengan area yang kering dan tandus, namun kawasan air terjun Sri Gethuk ini selalu mengalir setiap waktu. Entah itu musim kemarau ataupun musim hujan, Anda bisa melihat satu spot yang sangat menarik. Yaitu di aliran air terjun bercabang yang berasal dari tebing di sungai Oyo.

Meskipun airnya berwarna coklat pekat, namun warna airnya ini tidak berubah. Aliran air terjun ini terbagi menjadi 3 cabang dengan 1 cabang menjadi air terjun utama. Bila Anda berkunjung di waktu yang tepat. Anda akan menemukan selendang Dewi nawangwulan atau pelangi yang membentang di permukaan air terjun dengan indah.

  1. Ada Bebatuan yang Terdampar di Dasar

Selain memiliki spot berupa 3 cabang air tejrun di sungai, Anda juga bisa menemukan spot indah yang lainnya dari air terjun Sri Gethuk. Yaitu, adanya bebatuan yang terhampar tepat di dasarnya. Sehingga, hal ini membuat batuan yang berukuran besar tersebut terlihat berundak-undak batu halus dengan warna gading.

Lantai batu tersebut terlihat seperti ornamen yang terdapat dalam goa. Sehingga, jika dilihat dengan baik-baik, lantai batu ini justru terlihat seperti bebatuan yang kerap digunakan dalam kolam renang mewah. Maka dari itulah, dengan melihatnya saja, ini akan membuat liburan Anda terasa makin menyenangkan sambil duduk-duduk dan bermain air di atas bebatuan tersebut.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Selain memiliki spot yang menarik, air terjun Sri Gethuk ini juga memiliki banyak wahana yang bisa dimainkan dengan mudah. Yaitu:

  • Menyusuri Sungai dengan Rakit

Karena posisi air terjun Sri Gethuk ini ada di tebing sungai, sehingga untuk mencapainya tersebut Anda harus menyusuri kawasan sungai Oya. Anda bisa naik rakit yang disiapkan pihak pengelola. Dengan rakit inilah Anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan menyusuri sungai untuk melawan arus dari hilir ke hilir.

Di sepanjang perjalanan Anda nanti akan menemukan beberapa air terjun yang kecil. Saat air sungainya sedang berwarna jernih, Anda bisa melihat rumput dan bebatuan yang hidup di dasar sungai. Saat melakukan kegiatan inilah Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, berupa tebing tinggi yang telah mengapit sungai.

Dengan suasananya yang tidak begitu ramai, maka Anda bisa meminta izin kepada pihak nahkoda agar dapat mengontrol lau rakit tersebut. Dengan mendapatkan pengalaman untuk mengontrol rakit sendiri inilah tentunya akan menjadi pengalaman baru untuk Anda.

  • Cliff Jumping

Ini adalah salah satu kegiatan paling seru ketika berkunjung ke air terjun Sri Gethuk. Anda bisa mencoba melompat dari ketinggian tebing dan bebatuan menuju ke dalam sungai. Ada banyak pilihan ketinggian yang bisa dicoba. Untuk pemula, Anda dapat mencoba melompat dari ketinggian tebing yang tidak begitu tinggi.

Namun, jika nyali Anda tinggi, Anda bisa mencoba melompat dari ketinggian tebing berukuran 3 meter hingga 5 meter. Namun, untuk bisa naik ke tebingnya, Anda harus menggunakan tali. Dijamin sekali lompat Anda akan merasa ketagihan. Maka dari itulah, pastikan untuk selalu menggunakan jaket pelampung untuk cliff jumping.

  • Trekking

Selain mencoba menyusuri sungai dengan naik rakit, Anda juga bisa melakukan kegiatan trekking untuk bisa sampai ke air terjun Sri Gethuk. Jalur trekkingnya juga sangat seru. Anda masih harus melintasi jalanan persawahan. ketika padi mulai tumbuh, Anda bisa menikmati area persawahan yang terasa segar. Disinilah Anda bisa berswafoto untuk mengabadikan moment bahagiadi air terjun Sri Gethuk ini.

  • River Tubing atau Body Rafting

Salah satu kegiatan paling asyik disini adalah dengan cara menghanyutkan diri ke sungai memakai pelampung. Kegiatan ini disebut juga dengan body rafting. Anda bisa melakukannya saat akan pulang. Biarkan saja tubuh Anda mengmabang dan terbawa oleh arus sungai sampai ke pemberangkatan rakit.

  • Canyoning

Canyoning ini adalah kegiatan rapelling atau kegiatan menuruni tebing yang bisa dilakukan di air terjun Sri Gethuk memakai tali ken mantle di bawah air terjun ini. Kegiatan ini cocok sekali untuk Anda yang berjiwa muda dan menyukai tantangan. Anda bisa merasakan serunya ketegangan saat melakukan kegiatan ini. Namun ada baiknya lakukan kegiatan ini di pagi hari ketika jumlah pengunjungnya tidak banyak. Sehingga, Anda tidak mengganggu kegiatan mereka.

 

Menikmati Aneka Kuliner Tradisional

Di air terjun Sri Gethuk inilah Anda bisa mencoba aneka kuliner tradisional khas tempat wisata ini yang melezatkan. Yaitu, tiwul, lengkap dengan urap sayur, ikan asing, sambal, dan ikan bakar. Dijamin perut akan terasa kenyang, dan liburan makin menyenangkan.

Fasilitas

Fasilitas di air terjun Sri Gethuk cukup lengkap. Selain ada parkir kendaraan, Anda juga tidak perlu takut saat ingin menggunakan kamar mandi. Karena disini juga ada kamar mandi, warung makan untuk memuaskan perut, dan juga ada tempat persewaan pelampung.

 

Tiket Masuk

Untuk tiket masuknya adalah Rp 10.000, – per orang. Itupun sudah termasuk dengan tiket menuju ke Goa Rancangkencono. Sedangkan tiket untuk tarif rakitnya sebesar Rp 10.000, – per orang untuk PP. Sedangkan biaya tarif sekali jalannya sebesar Rp 5.000, -. Kemudian, jika Anda ingin menyewa pelampung, maka dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, – .

Updated: June 2, 2019 — 11:31 pm
Annisa Transport, Sewa Mobil Jogja